-->

Blog Mobile Friendly, Cara Mengetahui dan Solusinya

Blog Mobile Friendly itu apa sih? Mungkin sobat info sering mendengar istilah ini. Mobile friendly berdasarkan bahasa sederhana miss info adalah blog yang tidak berat loadingnya saat diakses/dibuka lewat perangkat mobile (seluler).

Mengapa Blog Harus Mobile Friendly?  


Tentu saja agar blog kita tidak ditinggal oleh pembaca. Contoh saat cobat ingin mencari missal artikel tentang resep masakan, maka ketika googling sobat akan menemukan banyak sekali situs yang menampilkan tentang resep masakan. Jika sobat klik salah satu situs , kemudian untuk membuka saja loadingnya lama, sudah bisa dipastikan sobat akan beralih ke situs lain yang lebih cepat loadingnya (tampilannya).  Di sisi lain kita semua tahu bahwa teknologi seluler berkembang sangat pesat. Rata-rata orang / pembaca banyak mengakses berita atau info lainnya melalui gadget mereka. Oleh karena itu penting bagi kita (blogger) untuk menyuguhkan blog yang ringan loadingnya agar pembaca betah berlama-lama di blog kita.

Bagaimana cara mengetahui blog kita sudah mobile friendly atau belum?


1. Silahkan sobat lakukan pengecekan di link ini.
2. Pada kolom masukan url / alamat blog sobat – klik jalankan pengujian

Link untuk test blog mobile friendly

3. Maka aka nada tampilan seperti di bawah ini


Contoh Hasil Test blog

Jika blog sobat sudah mobile friendly maka akan ada keterangan yang menyatakan bahwa blog/situs sobat sudah mobile friendly. Jika belum, maka sobat info perlu melakukan beberapa perbaikan sampai blog sobat dinyatakan sudah mobile friendly.

Bagaimana cara agar blog mobile Friendly ?

Berdasarkan sedikit pengalaman dari saya, saat blog sobat info dinyatakan belum mobile friendly maka pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan penyetingan ke mode seluler. 

Cara Setting Template Seluler Di Blog

1. Masuk ke menu template

Setting Template Seluler

2. Pada gambar roda silahkan sobat klik
3. Pilih ya, tampilakan template seluler di perangkat seluler

Nah sekarang blog sobat sudah terseting template seluler. Tampilan template seluler memang sederhana, dengan tujuan agar tidak terlalu berat saat pembaca mengakses/membuka blog sobat lewat seluler. Selain menyeting pengaturan template ke template seluler, langkah selanjutnya sobat bisa tinjau template sobat. Apakah sudah menggunakan template yang responsive atau belum. Template dengan desain responsive sekarang sudah banyak tersedia baik gratis maupun berbayar. Bisa sobat coba untuk download template dari mas sugeng atau jhonny wuss. Menurut saya desain template mereka bagus dan ringan. 

Baca Juga : Cara Mengetahui Template Blog Sudah Responsive atau Belum.

That's it sobat info yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat ya. Terimakasih sudah berkunjung ke www.info-kartika.blogspot.co.id

0 Response to "Blog Mobile Friendly, Cara Mengetahui dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel