-->

8 Trik Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi Biar Cepat Sidang

8 Trik Menghadapi  Dosen Pembimbing Skripsi Biar Cepat Sidang;
Skripsi ? siapa coba yang ngak gemetar mendengar kata itu. Apalagi jika kalian dapat dosen pembimbing yang straightaway alias killer, bisa double triple gemeter kali ngejalaninnya. Yap akupun pernah banget mengalami dimana aku dihandle oleh dosen senior yang terkenal super dingin dan horor. Jadi kali ini aku pengen nulis  pengalamanku tentang bagaimana dulu over come (mengatasi) dosen pembimbing skripsi killer biar cepet diantarkan ke meja sidang :D. Let’s check it out: 

1.     Niat dan Doa yang utama

Apapun yang akan kalian lakukan niat dan doa yang utama. Innama A’malu bin niat, bismillah niatkan diri kalian untuk menjalani proses pembimbingan skripsi. Jangan sepelekan perkara niat, karena niat inilah yang akan mengingatkan dan membuat kita semangat dikala kita lagi down/malas melakukan apapun. Doa terus agar dimudahkan sampai ke meja sidang. 

2.     Bangun kesan pertama yang baik

Saat pengumuman dosen pembimbing sudah ditempel di jurusan, dan kalian sudah tahu siapa dosen pembimbing kalian, cuuus giiih telpon dan datangin beliau untuk menyapa dan memperkenalkan bahwa kalian adalah mahasiswa yang akan mereka bimbing. Dijamin beliau akan senang dengan attitude kalian. First impression is important right?? Kalau dari awal aja kalian udah menciptakan kesan baik di mata beliau, InsyaAllah selanjutnya jalan kalian bakal muluus semuluus jalan tol  yang baru jadi *hahahha.

3. Disiplin itu wajib

Setelah kenal satu sama lain selanjutnya, bikin komitmen untuk disiplin selama bimbingan. Displin disini ngak hanya masalah waktu aja, tapi disiplin bimbingan juga alias konsisten jangan kadang muncul kadang ngak kayak mantan hahahha. Dosen pembimbing dimanapun suka dengan mahasiswa/i yang disiplin, apalagi jika dosen pembimbing kalian adalah dosen senior, jangan sampai kalian coba telat semenitpun kalau ngak pengen kalian disuruh pulang dan bimbingan di hari berikutnya  hiiiks…*curcol pengalaman jaman dulu, atau jangan coba tiba-tiba ngilang lama ngak bimbingan. Bisa-bisa kalian di blacklist dari kursi sidang. 

4. Pelajari dan siapkan dengan baik materi skripsi yang akan kalian konsultasikan

Pentingnya menyiapkan dan mempelajari materi yang akan kita konsultasikan adalah agar saat bimbingan kita tidak blank saat ditanyai ini itu. Karena dosen pasti akan bertanya apa dasar kalian mengambil topic itu, metode apa yang akan digunakan, sumber-sumber apa saja yang sudah kalian baca atau kumpulkan dll. Jadi dengan persiapan matang maka kita akan mampu menjawab dengan mantap setiap pertanyaan sehingga bimbingan akan terasa hidup.

5. Patuh apapun revisiannya, jangan terlalu ngeyel tanpa dasar

Ada beberapa mahasiswa/i yang idealis, terlibat dalam perdebatan tanpa batas dengan dosen pembimbingnya, dan berakhir ngambek ngak mau lanjut bimbingan atau bahkan minta ganti dosen pembimbing. Hmmmm jangan cepat menyerah gaeees, perbedaan pendapat pasti terjadi ,namanya juga manusia ngak ada yang sama pemikirannya. Memberikan masukan boleh, tapi kalau masukan kalian tanpa dasar dan kurang kuat , maka patuh pada revisi dosen jadi pilihannya , karena bagaimanapun beliau juga sudah berpengalaman dan berilmu luas. Untung-untung kalau dosen pembimbing kalian orangnya mau menampung pendapat kalian kemudian dikembangkan dan ditambahi dengan masukan dari beliau alangkah indahnya bimbingan ini.

6. Bawa oleh-oleh saat bimbingan meskipun ngak wajib

Perlu dicatat ya ini bukan bagian dari KKN tapi ini lebih kepada cara kita menghormati atau ingin berbagi dengan dosen yang sudah meluangkan ilmu dan waktunya untuk membimbing kita. Meskipun dosen  pembimbing kita ngak minta, tetaplah kita bawakan mungkin sekedar cemilan atau minuman buat beliau saat pembimbingan.

7. Selingi obrolan atau candaan tapi jangan over

Gurauan/candaan perlu kaleee untuk mencairkan suasana, jangan menimbulkan kesan kriiiik..kriiik sepi mencekam saat bimbingan. Dosen juga manusia kadang juga penat dan lelah, karena  selain membimbing skripsi beliau juga punya kewajiban mengajar di kelas. Maka sebagai mahasiswa/i bimbingannya, usahakan bisa memberikan suasana yang menyenangkan dan menyegarkan selama bimbingan. Dengan begitu keakraban antara pembimbing dan terbimbing bisa terbangun.

Sebenarnya masih banyaaaak  banget trik Menghadapi  Dosen Pembimbing Skripsi Biar Cepat Sidang , namun 7 point diatas yang aku ingat *peace. Semoga bermanfaat, silahkan diterapkan boleh juga tidak. Semoga sukses selalu mengiringi langkah kita..amiiin.


0 Response to "8 Trik Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi Biar Cepat Sidang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel